Valid: Pendataan Keluarga Tahun 2021 Sumatera Utara

Sekda Kota Medan (28/12), Wiriya Alrahman, memimpin Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Mikro untuk Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Kantor Walikota Medan. Rapat ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK (Andi Megantara), Kepala BPIW Kemen PUPR (Rachman Arief Dienaputra), Plt Direktur Pelaporan dan Statistik (Lina Widyastuti) dan Plt Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara (Rabiatun Adawiyah).

Dalam rapat ini, dicapai kesepakatan bersama untuk menggunakan data by name by address dari hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021.

Adapun Pendataan Keluarga merupakan kegiatan strategis Program Bangga Kencana untuk kepentingan perencanaan, peta sasaran/operasional, evaluasi serta pengukuran kinerja utama sasaran strategis yang dilaksanakan oleh BKKBN setiap 5 (lima) tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh BKKBN bekerja sama dengan Perwakilan BKKBN dan Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPD KB) di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Utara.

Pasca Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Mikro untuk Penanganan Kemiskinan Ekstrim, Kemenko PMK dan Kemen PUPR, melaksanakan kunjungan ke beberapa rumah yang menurut hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021, tinggal di rumah yang tidak memenuhi indikator rumah layak huni dan keluarga berpotensi stunting. Adapun rumah yang menjadi sasaran sesuai Pendataan Keluarga Tahun 2021 berada di Kecamatan Belawan (Kelurahan Belawan I, dan Belawan Bahagia) dan Kecamatan Medan Labuhan (Kelurahan Sei Mati), yang direncanakan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Kemen PUPR dalam program Bedah Rumah. Kunjungan ini sekaligus untuk melaksanakan verifikasi dan validasi hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 dan hasilnya menyatakan bahwa data by name by address yang ada dalam hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021, benar ada di lapangan dan tidak dibuat-buat.