Audiensi Kepada Gubernur Sumatera Utara Dalam Rangka Pendataan Keluarga Tahun 2020

Kamis (20/02) – Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara, Temazaro Zega melakukan audiensi dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Ruangan Rapat Kantor Gubernur Sumatera Utara pada Rabu (19/02). Dalam audiensi ini, Temazaro menjelaskan tentang Pendataan Keluarga (PK) 2020 yang akan dilakukan di seluruh Indonesia, namun hanya ada 6 provinsi yang melakukan PK 2020 dengan metode sensus, salah satunya adalah Sumatera Utara.

“PK menghasilkan data keluarga dan individu by name by address yang menjadi sasaran intervensi program yang dapat ditelusuri dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, sampai dengan tingkat RW/RT bahkan keluarga sebagai unit analisis terkecil. PK tidak bergabung dengan Sensus Penduduk yang diadakan BPS karena indikator yg ingin dihasilkan tidak dapat disatukan dengan Sensus Penduduk. Basis data PK 2020 akan menghasilkan profil Pasangan Usia ubur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun selain melalui pelaksanaan PK,” terang Temazaro. PK 2020 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 dan dilakukan oleh Kader Pendata di bawah pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana dan/atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

“Saya mendukung sekali pelaksanaan Pendataan Keluarga 2020 ini karena hasilnya dapat dimanfaatkan dalam peningkatan pembangunan keluarga di Sumatera Utara,” ungkap Edy. Pemimpin nomor satu di Sumut ini juga menghimbau agar BKKBN, khususnya BKKBN Sumut lebih maksimal lagi dalam memanfaatkan TNI/Polri, khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas) dalam Promosi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Selain, membahas PK 2020 dalam audiensi ini Kepala Perwakilan BKKBN Sumut juga membahas tentang Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang akan diselenggarakan BKKBN Sumut pada tanggal 25-26 Februari mendatang, Rebranding BKKBN, Perkembangan Program Bangga Kencana di Sumut, dan Dukungan Pengelolaan DAK (BOKB).