Senin (24/02) – Sebanyak 150 remaja yang berasal dari anggota PIK R/Forum Genre dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara mengikuti Jambore Ajang Kreatifitas Genre. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis – Sabtu (20-22 Februari 2020) di Grand Mutiara Hotel, Berastagi dan resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega.

Dalam sambutannya Temazaro menyebutkan bahwa remaja adalah aset penting suatu bangsa. Kekuatan dan kemajuan negara sangat ditentukan oleh daya dukung sumber daya manusia terkhusus remaja. “Saat ini permasalahan remaja di Indonesia sangat kompleks, banyak remaja terpapar seks, HIV/AIDS dan Nafza, jika remaja tidak dapat diberdayakan dan diarahkan maka masa depan bangsa kita akan tenggelam.” Saat ini jumlah remaja di Indonesia sekitar 60 juta atau setara dengan 30% jumlah penduduk Indonesia. Jumlah yang besar ini dapat menjadi kekuatan bangsa Indonesia jika remajanya memiliki kompetensi, daya saing dan akhlak untuk bersaing di kancah internasional. “Selama jambore ajang kreatifitas ini besar mimpi saya agar semua peserta dapat memupuk rasa kebersamaan, tidak saling membedakan, saling menghormati dan memunculkan inovasi serta kreatifitas. Modal ini dapat dibagikan kepada teman sebaya lainnya sehingga semakin hari generasi penerus bangsa dapat meningkat kualitas hidupnya,” tutup Temazaro.
Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara konsen terhadap pembinaan remaja terkait fungsi dan peran vital remaja bagi suatu negara.

Lewat program “Generasi Berencana (Genre) BKKBN terus mengkampanyekan penyiapan kehidupan berkeluarga kepada para generasi muda terkhusus di Sumatera Utara. Selama tiga hari para remaja ini dibekali dengan pengetahuan melalui serangkaian materi terkait kesehatan reproduksi dan membangun remaja yang berkarakter. Diharapkan dengan modal materi ini remaja di Sumut dapat dihimbau untuk tidak melakukan pernikahan dini tetapi dapat mulai mendewasan usia pernikahan bagi perempuan di umur 21 dan laki-laki di umur 25 serta terhindar dari HIV/AIDS dan narkoba.